Petani sayur di kampung banjar agung

Petani sayur sedang menyiram tanamanya. (dok.desa/foto : Siti Nurhasanah).

banjaragung.desa.id : (sabtu 06 Januari 2018)Petani sayur di RT 01 RK 03 Kampung Banjar Agung Kecamatan Banjar Agung, mulai semangat lagi dalam memanam sayuran sawi dan seladah untuk kebuthan hidup mereka sehari-hari .di bulan januari ini sebenarnya sangat sulit dalam menanam sayuran karna seringnya hujan yang menyebabkan sayuran rusak atau banyak hama.Namun mereka tetep semangat karna dari sayuranlah mereka bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

Sayuran yang sudah di panen mereka jual sendiri kepasar, harga sayuran sering tidak sesuai dengan modal dan perawatan yang ia keluarkan.Sayuran tersebut di jual  di pasar unit 2 Tulang Bawang ,pasar unit 2 adalah sentra ekonomi bagi masyarakat khususnya Tulang Bawang.Dari  hasil panen sayuran  lalu ia belikan/belanjakan lagi dengan kebutuhan sehari-hari contohnya seperti beras, dan bumbu dapur.”Alhamdulilah cukup buat makan” kata mbah Ti julukan nama ia sehari-hari.

Selada yang baru di tanam beberapa hari.(dok.desa/foto : Siti Nurhasanah).

Mbah Ti hanya bisa berharap agar pemerintah dapat menjaga harga komoditas sayur-sayuran bisa setabil. Jika harga komoditas terus berubah-ubah maka para petani kecilah yang akan selalu dirugikan.Manfaat sayuran secara garis besar adalah sumber serat, vitamin, dan minral yang cukup baik bagi tubuh dan kesehatan manusia. Ada banyak jenis sayuran yang ada di indonesia yang berkhasiat untuk meningkatakan kesehatan dan metabolisme tubuh. Secara umum manfaat sayuran adalah sebagai berikut :

  1. Melancarkan BAB
  2. Pencernaan yang sehat
  3. Sumber vitamin, minral, dan gizi bagi tubuh
  4. Sumber utama serat
  5. Mencegah kanker
  6. Meningkatkan sistem imun
  7. Meningkatkan kesehatan saraf dan mata
  8. Tanaman sawi yang siap dipanen.(dok.desa/foto : Siti Nurhasanah).


    (sanah/tuba)

    Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan