Pelantikan dan pengukuhan PPS pemilu 2019

Foto bersama PPS sekecamatan Banjar Agung. (Dok.desa/foto : SNH).

banjaragung.desa.id | Pada hari ini kamis 08/03/2018 dilaksanakan pelantikan dan pengukuhan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Tulang Bawang. Acara ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna Kabupaten Tulang Bawang dihadiri oleh Ketua dan anggota KPU Kabupaten Tulang Bawang, perwakilan Kapolres Tulang Bawang, perwakilan Kodim 0426 Kabupaten Tulang Bawang, kesbangpol Kabupaten Tulang Bawang, Ketua Panwaslu Kabupaten Tulang Bawang, partai politik se-Kabupaten Tulang Bawang, Ketua PPK se-Kabupaten Tulang Bawang, dan anggota PPS se-Kabupaten Tulang Bawang.

Acara ini merupakan lanjutan dari kegiatan evaluasi kinerja PPS Pilgub yang telah dilaksanakan di masing-masing PPK Kecamatan. Dari hasil evaluasi ini yang lulus dalam penilaian akan dilantik dan dikukuhkan kembali pada acara hari ini. Acara ini dimulai pukul 13.00 dimulai di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan do’a, kemudian sambutan dari Ketua KPU Kabupaten Tulang Bawang Reka Punanta,SH.

KPU Kabupaten Tulang Bawang dalam pelantikan dan pengukuhan PPS pemilu 2019. (DOK.desa/Foto : SNH).

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Tulang Bawang menyampaikan bahwa sesuai PKPU Nomor 03 tahun 2018 ada dua mekanisme yaitu rekrutmen terbuka dan evaluasi. Tulang Bawang mengambil kebijakan untuk panitia pemilihan kecamatan dilakukan rekrutmen terbuka. “Sebelum undang-undang nomor 7 tahun 2017 disahkan, anggota PPK berjumlah 5 orang, dan setelah undang-undang tersebut di sahkan jumlah anggota PPK berjumlah 3 orang,”tutur ketua KPU Kabupaten Tulang Bawang.

“Sementara untuk anggota PPS tidak dilakukan rekrutmen terbuka melainkan dilakukan evaluasi. Hasil dari evaluasi anggota PPS sebagai bahan dari Komisioner KPU apakah layak atau tidak menjadi anggota PPS dalam pemilihan umum 2019. Evaluasi anggota PPS Pilgub saya rasa masih subyektif, karena PPS belum melaksanakan kinerja, hanya satu tahapan yaitu pencoklitan yang melaksanakan adalah PPDP, PPS hanya melakukan monitoring kepada PPDP,”tambah Ketua KPU Tulang Bawang.

Penandatanganan fakta integritas. (Dok.desa/foto : SNH).

Ketua KPU Kabupaten Tulang Bawang mengucapkan terima kasih kepada PPS Pigub dan PPDP yang telah melaksanakan Coklit dalam dua bulan ini berdasarkan data dari A-KWK yang di coklit oleh PPDP, sehingga diperoleh data pemilih yang akurat. Apabila pelaksanaan Pilgub tidak dibantu oleh rekan-rekan PPDP dengan melaksanakan pencoklitan, maka data dalam DPT nantinya tidak akan valid.

Setelah sambutan dari Ketua KPU Kabupaten Tulang Bawang dilaksanakan pembacaan Surat Keputusan KPU Kabupaten Tulang Bawang tentang penetapan dan pengangkatan anggota PPS se-kabupaten Tulang Bawang dalam pemilihan Umum tahun 2019. Kemudian dilaksanakan pelantikan dan pembacaan sumpah anggota PPS yang dipandu langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Tulang Bawang Reka Punanta,SH. Anggota PPS yang dilantik sebanyak 453 orang dari 151 kampung dan kelurahan.

(**snh/ba**)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan